Baguna Mengadakan Pengobatan Gratis Korban Banjir di Sampang

Baguna PDIPPDIP, SAMPANG – Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) DPD PDI Perjuangan Jawa Timur kembali menggelar bakti sosial (baksos) pengobatan gratis. Kali ini, baksos digelar di beberapa titik di wilayah Kabupaten Sampang yang beberapa waktu lalu kebanjiran.

Beberapa lokasi yang menjadi jujukan tim kesehatan dari Baguna Jatim, seperti wilayah Kecamatan Sampang Kota, yakni di jalan Panglima Sudirman, Kelurahan Delpenang, Dusun Lembung Desa Pasean dan Desa Pangilen.

Dr Bayu Untoro yang memimpin aksi sosial ini menjelaskan, dari sekian banyak warga yang mendapatkan layanan kesehatan, rata–rata menderita penyakit gatal–gatal, batuk, pilek, darah tinggi, kecapekan hingga mencret.

“Semua keluhan penyakit itu efek dari air banjir,” jelas dokter yang juga menjabat sebagai Sekretaris Baguna Jawa Timur ini.

Pihaknya berharap, layanan pengobatan gratis ini bisa membantu meringankan beban warga korban banjir Sampang.

Meski gratis, jelas Bayu, obat yang diberikan kepada masyarakat tidak main main. “Yang kita berikan obat berkualitas,” ujarnya.

Warga Sampang yang menjadi korban banjir beberapa waktu lalu, pun sangat antusias mendatangi lokasi pengobatan gratis Baguna Jatim. Mereka

Seperti Umar Faruq (25) warga Dusun Brengka Desa Panggung, yang berprofesi sebagai penarik becak yang mangkal di jalan Panglima Sudirman langsung bergegas begitu mengetahui adanya pengobatan gratis dari Baguna.

“Ya sangat terbantu kalau ada kayak gini (pengobatan gratis). Apalagi bagi orang miskin sangat menguntungkan. Terima kasih semoga ada lagi,” tutur Umar yang mengaku sakit gatal – gatal.

“Setelah banjir itu badan terasa gatal. Saya garuk semakin parah sampai luka terus keluar nanah,” kata Umar, yang rumahnya terendam banjir setinggi 60 centimeter.(*)