Pilkades Serentak, Pemkab Diminta Libatkan BNNK

darul2PDIP, Sumenep – Jelang pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di lingkungan Kabupaten Sumenep, pemerintah setempat diminta melakukan tes urine kepada setiap calon kepala desa. Untuk itu pemerintah diminta libatkan BNNK.

Permintaan tersebut disampaikan Ketua Komisi I DPRD Sumenep, Darul Hasyim. Ia mendesak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep melibatkan unsur dari kepolisian dan Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK).

Keterlibatan dua institusi negara itu dimaksudkan untuk memastikan setiap orang yang memiliki niatan ikut kontestasi pilkades, baik reguler atau PAW, serentak terbebas dari narkoba, dengan melakukan tes urine.

Politisi PDI Perjuangan itu mengaku tak ingin jabatan kepala desa dipegang oleh pengguna narkoba. “Jangan sampai dana ratusan juta bahkan miliaran rupiah yang masuk ke desa dikelola oleh pengguna narkoba,” tandasnya.

Pilkades serentak reguler di 18 desa akan digelar pada tanggal 8 Desember. Sementara Pilkades serentak PAW agan dilaksanakan pada tanggal 14  November di 10 desa. (koranmadura.com)