Wabup Sumenep Turun Langsung Didaerah Terkena Banjir

pdip-sumenep-wabup-sumenep-banjirPDIP, Sumenep – “Banjir” yang melanda sejumlah pelosok di Kota Sumenep, Madura, Jawa Timur langsung direspon wakil bupati (wabup) Achmad Fauzi. Orang nomor dua di lingkungan pemkab langsung memantau lokasi genangan air itu.

Wabup Sumenep yang juga Politisi PDIP ini turun memantau di sekitar lokasi Kali Marengan. Termasuk juga, perumahan Marengan Indah. Dia memantau didampingi pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPPD) setempat.

 

Wabup Sumenep langsung memantau rumah ke rumah warga yang dilanda genangan air. Dengan menembus hujan dia bertemu dengan masyaratnya. Hal itu dilakukan untuk memastikan kondisi genangan air itu.

Wabup Sumenep menjelaskan, pihaknya sengaja turun langsung untuk memastikan genangan air. Kondisi yang terjadi itu bukan banjir, melainkan hanya genangan air saja. “Jadi, masih masuk kategori genangan air bukan banjir, ” katanya.

Dia mengungkapkan, banjir itu terjadi karena air laut lagi pasang, sehingga Kali Marengan tidak mampu menampung debit air akibat hujan deras. “Nah, solusinya harus ada pengerukan Kali Marengan, ” ujarnya.

Tidak hanya itu, pihaknya juga merencanakan pembanhungan drainase tahun ini. Hal itu dilakukan agar serapan air yang ada tidak hanya masuk ke kali Marengan saja. “Drainase yang akan dibangun itu untuk memecah arus tidak terpusat ke kali Marengan, ” tuturnya.

Yang terpenting juga, terang dia, di setiap rumah perlu ada resapan di rumahnya. “Yang paling penting membuang sampah pada tempatnya karena sebagia genangan air ini di akibatka sampah,” tukasnya. (*)